Jaminan Persalinan

Menanggapi pemberitaan mengenai Program Jaminan Persalinan (Jampersal) yang baru -baru ini hangat dibicarakan, maka dengan ini kami akan memberi sedikit informasi tentang hal tersebut.

Inti dari program Jampersal ini merupakan upaya pemerintah untuk menurunkan AKI dan AKB .  Dan Kementerian kesehatan akan menjamin seluruh biaya pengobatan bagi wanita hamil dan melahirkan, sepanjang mereka melahirkan di Puskesmas dan RS pemerintah.

Jampersal itu memberikan pertanggungjawaban biaya kepada ibu hamil yang ingin bersalin di RS pemerintah kelas 3 dan sarana pelayanan kesehatan.

Program Jampersal itu berbeda dengan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat ( Jamkesmas).  Program ini tidak hanya pada ibu hamil yang miskin, tetapi untuk seluruh masyarakat indonesia, baik ia miskin maupun kaya, sedangkan program Jamkesmas memberikan perlindungan kesehatan hanya bagi warga miskin saja.

Jampersal ini akan dilaksanakan secara bertahap mulai 2011, dengan prioritas dalam perkiraan ibu bersalin dalam 1 tahun adalah 4 ,6 juta ibu hamil. Persalinan yang sudah dibiayai Jamkesmas mencapai 1 ,7 juta ibu hamil pertahun. Dan tambahan dari jaminan persalinan 2011 ini bagi 900 ibu hamil.

Hal ini merupakan tahap awal mengingat terbatasnya anggaran. Seperti yang diketahui , pemerintah menyediakan dana 1 ,2 triliun untuk perlindungan ibu hamil melalui program Jampersal .

Dana tersebut diambil dari dana yang dialokasikan untuk Kementerian Kesehatan melalui APBN 2011.

Alokasi dana tersebut akan digunakan untuk pelaksanaan paket Jampersal antara lain ,  pemeriksaan ibu hamil sebanyak 4 kali ANC, persalinan ditolong tenaga kesehatan, penanganan komplikasi dan rujukannya, nivas , dan penanganan bayi baru lahir sebanyak 3 kali , termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan konseling pemberian Asi eksklusif.

Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh pasien yang ingin menggunakan program Jampersal ini adalah mendatangi Fasilitas Kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Poskesdes, dll) dengan membawa KTP/KK

Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak lagi melaksanakan proses persalinan oleh dukun/paraji, bawalah segera Ibu yang akan melahirkan ke Bidan, Puskesmas, Rumah Sakit dan sarana kesehatan terdekat.

Dan kami dari pihak Puskesmas Campaka, siap melayani proses persalinan melalui program jampersal ini.

kami berharap kedepannya tidak ada lagi kematian ibu atau pun kematian bayi akibat proses persalinan. (edomz)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s