Kerjasama Tim

Puskesmas itu diibaratkan sebagai sebuah bus yang sedang melakukan perjalanan dengan penumpang yang ada didalamnya. Ketika ditanya pada setiap penumpang, mau turun dimana? Jawaban yang diberikan oleh mereka pasti berbeda-beda, ada yang hendak turun di Ciranjang, ada yang di Karangtengah, ada juga yang di Cipanas. Jika puskesmas seperti bus tersebut, maka yang akan terjadi adalah kehancuran karena tidak ada kerjasama di antara karyawan. Karena itu, diperlukan kerjasama tim yang solid sehingga puskesmas akan berjalan dengan baik.

 

Yang harus dilakukan untuk membangun kerjasama tim adalah menyamakan misi atau tujuan. Seluruh karyawan puskesmas harus memiliki misi yang sama sehingga akan terjadi kesamaan gerak menuju tercapainya misi dan terjalinnya kerjasama tim yang kuat antar karyawan. Persoalannya sekarang, bagaimana cara menyamakan misi?

Selama ini, selalu terjadi ketidaksamaan misi antara puskesmas dengan karyawan. Puskesmas memiliki misi untuk mengejar Cakupan Standar Pelayanan Minimal dan MDGs, sedangkan karyawan mempunyai misi mencari gaji, dan penghasilan setinggi-tingginya. Kondisi ini akan membuat puskesmas hancur dengan sendirinya.

Untuk menyamakan kedua misi yang berbeda tersebut, baik puskesmas maupun karyawan harus menjadikan misinya sebagai bentuk pengabdian kepada Allah. Bagian keuangan, bukan mengabdi kepada pengawas keuangan, tapi mengabdi kepada Al-Hasiib (Yang Maha Berhitung); bagian perencanaan bukan mengabdi kepada pemimpin tapi kepada Al-Mushawwir (Yang Maha Merencanakan), begitu juga dengan bagian-bagian lainnya. Jika semuanya memiliki misi (mission statement) menjadikan pekerjaan sebagai bentuk pengabdian kepada Allah, maka dengan sendirinya akan terjalin kerjasama yang harmonis dan solid.

sumber : http://esq-news.com/ dengan sedikit perubahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s